admin hijrah - 04 November 2022

Berikut Keutamaan Shalat Dhuha 2 Rakaat hingga 12 Rakaat

Keutamaan shalat dhuha adalah hal yang akan diperoleh oleh umat Islam di saat telah menyelesaikan ibadah shalat dhuha. Oleh sebab itu, meski shalat dhuha adalah ibadah sunnah, rasanya sangat sayang untuk dilewatkan mengingat keutamaan shalat dhuha yang ampuh dalam memperlancar rezeki.

Tetapi, apa keutamaan shalat dhuha hanya itu saja? Cek selengkapnya di artikel ini ya!


Shalat Dhuha adalah Jaminan Dicukupkan Rezeki

Keutamaan shalat dhuha yang pertama yaitu diberikan rezeki yang cukup bagi umat Muslim yang melaksanakannya.

Bukan tanpa dasar, keutamaan ini sesuai dengan pernyataan Rasul dalam hadits berikut yang artinya:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (shalat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidzi).

Jadi, dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak 4 rakaat, Sahabat sudah dapat memperoleh jaminan dicukupkan rezeki.


Shalat Dhuha adalah Cara Cepat Mendapatkan Keuntungan

Keutamaan shalat dhuha kedua ialah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diucapkan oleh Rasul yang artinya sebagai berikut:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali! Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).


Kemudian Rasulullah bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan)nya dan cepat kembalinya?

Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak 2 hingga 12 rakaat, akan memperoleh keutamaan shalat dhuha yang bahkan lebih baik dari bertempur ke medan perang yang dekat beserta keuntungan yang didapat.


Shalat Dhuha adalah Penggugur Dosa

Keutamaan shalat dhuha ketiga adalah gugurnya dosa-dosa yang telah diperbuat oleh Hamba yang melaksanakan shalat dhuha tersebut.


Hal ini sesuai dengan pernyataan Rasul dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)


Jadi, dengan melaksanakan shalat dhuha, Sahabat dapat menerima pengampunan dosa, sebanyak apapun dosa yang telah dilakukan.


Shalat Dhuha adalah Ibadah dengan Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan shalat dhuha keempat yaitu memeroleh pahala ibadah yang sama dengan melakukan haji dan umrah.


Bukan tanpa dasar, hal ini diperkuat oleh ucapan Rasul dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi yang artinya:

“Ditegaskan dari Anas ra, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586).


Jadi, hanya dengan shalat dhuha 2 rakaat sudah bisa memperoleh pahala haji dan umrah ya Sahabat!


Shalat Dhuha adalah Sedekah Paling Baik

Keutamaan shalat dhuha lainnya yaitu menjadi bentuk sedekah yang paling baik. Mengapa seperti itu?

Berdasarkan hadits, hal ini berkaitan dengan kewajiban bersedekah tiap anggota tubuh manusia, seperti yang dijelaskan dalam hadits yang artinya:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah.


Menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)


Jadi, dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak 2 rakaat, mampu memperoleh pahala yang setara dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil. bertakbir, meminta orang melakukan kebaikan dan melarang berbuat munkar.


Shalat Dhuha adalah Cara Menghindari Keburukan

Keutamaan shalat dhuha lainnya yaitu terhalau dari banyak hal buruk. Hal ini disebabkan, umat Muslim yang melaksanakan shalat dhuha tidak dianggap lalai.


Seperti yang dikemukakan dalam hadits berikut yang artinya:

“Barangsiapa yang shalat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah.


Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).


Shalat Dhuha adalah Penyebab Dibuatkan Tempat di Surga

Keutamaan shalat dhuha ketujuh ialah akan memasuki surga lewat pintu khusus orang yang banyak melaksanakan shalat sunnah ini.

Hal ini diperkuat oleh pendapat Rasul yang diriwayatkan oleh Thabrani dalam hadits berikut:

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga memanggil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." (HR.Thabrani)


Itulah informasi tentang keutamaan shalat dhuha. Semoga infonya bermanfaat ya. (Sumber: wakalahmu.com)


Mari Kejar Kebaikan
Bersama Hijrah